6 Tips Memilih Endorse Artis yang Tepat untuk Bisnis Anda

6 Tips Memilih Endorse Artis yang Tepat untuk Bisnis Anda

Saat ini, Instagram dikenal sebagai media promosi yang cukup ampuh untuk berbagai bisnis, mulai dari fashion, kosmetik, jasa fotografi, hingga kuliner. Ada yang mempromosikan lewat akun sendiri, ada yang memakai jasa endorser dengan banyak follower. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa endorser, berikut 6 tips memilih endorser yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Lihat Track Record Endorser

Salah satu langkah memilih jasa endorser yang kompeten untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan melihat track record si pemilik jasa endorser sebagai endorser. Coba lihat, apakah endorser tersebut, apakah dia pernah melakukan promosi untuk sebuah bisnis atau produk juga?

Jika memang pernah ada endorse, apakah hasilnya memuaskan? Lihat juga apakah si endorser tersebut pernah mempromosikan produk atau bisnis yang sejenis dengan bisnis Anda, dan lihat juga hasilnya.

  1. Lihat Interaksi Endorser dengan Followersi-nya

Jika seorang endorser jarang ngobrol dengan pengikutnya, maka hasilnya akan lebih memuaskan. Nah, sebaliknya, jika si endorser sering berkomunikasi dengan para pengikutnya maka hasilnya akan lebih memuaskan. Hal itu dikarenakan tingkat engagement-nya yang lebih tinggi.

  1. Tentukan Tujuan Anda

Hal paling urgen yang perlu Anda lakukan sebelum memilih endorser adalah dengan menentukan tujuan Anda. Apa tujuan Anda akan menggunakan jasa endorse para selebgram atau selebriti? Anda juga perlu mempertimbangkan apakah kenaikan follower atau likes sebanding dengan kenaikan penjualan agar menemukan feel yang pas untuk mengendorse.

  1. Tentukan Pasar Target Anda

Ada baiknya Anda membuat gambaran target pasar yang Anda incar, mulai dari range usia, jenis kelamin, interest, dan juga lokasi. Jika lokasi yang Anda jadikan target adalah lokal, maka pilihlah influencer lokal. Namun, apabila Anda membidik target nasional, Anda tidak perlu mempertimbangkan segi lokasi.

Anda juga bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui karakteristik para pengikut beberapa selebgram yang sedang Anda incar. Lihat mana yang lebih dominan, apakah pria atau wanita? Perhatikan juga range usia mereka.

  1. Endorser untuk Produk Mainstream

Jika produk Anda relatif umum dan mainstream seperti fashion, pangan, sandang, dan lain-lain, maka Anda bisa mencoba untuk mencari endorser dengan follower atau likers minimal 10k. Atau, Anda juga dapat membuat standar follower selebgram atau selebriti Anda sendiri. Produk mainstream cenderung lebih mudah dipromosikan, maka harus banyak dilihat oleh banyak orang.

  1. Endorser untuk Produk Tidak Mainstream

Untuk produk yang tidak mainstream, para marketing cenderung akan menjatuhkan pilihan mereka ke para endorser yang tidak memiliki banyak pengikut, namun bisa dipastikan jika pengikut mereka dipastikan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan si endorser. Jadi, endorsement-nya lebih spesifik dan tertarget.

Nah, itu dia ulasan mengenai 6 tips memilih endorse artis yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan mempromosikan bisnis Anda di jasa endorser yang tepat, bisnis Anda dijamin bisa berkembang pesat.

shares