Berbagai Inspirasi Gaya untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Berbagai Inspirasi Gaya untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah dengan konsep atau gaya minimalis kini tengah menjadi tren bagi kalangan masyarakat khususnya untuk para millennial. Konsep rumah minimalis dianggap lebih nyaman untuk ditinggali dengan pemanfaatan ruang yang efektif. Rumah dengan gaya minimalis juga menjadi idola karena bentuk dan pemilihan warna cat-nya yang kalem dan soft.

Rumah dengan konsep minimalis juga akan terlihat lebih indah ketika dibangun dua lantai. Rumah minimalis 2 lantai juga biasanya dibuat untuk menyiasati pemanfaatan lahan yang tidak terlalu luas. Rumah minimalis yang memiliki dua lantai ini juga bisa disebut sebagai rumah sederhana 2 tingkat yang memiliki penampilan lebih mewah karena konsep yang diusungnya.

Gaya untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis yang dibangun menjadi dua lantai bisa dikreasikan dengan berbagai gaya. Ketika anda mengusung tema minimalis untuk rumah anda sebetulnya tidak selalu dibuat dengan bentuk kotak atau dengan kesan yang kaku. Anda bisa juga mengreasikannya dengan beberapa aksen atau bentuk yang unik.

Salah satu poin yang menguntungkan dari mengusung tema minimalis ini adalah anda bisa dengan bebas berkreasi untuk membentuk rumah menjadi bentuk yang diinginkan. Bahkan bentuk-bentuk unik seperti bentuk asimetris juga akan terlihat bagus untuk konsep rumah minimalis.

Untuk rumah berkonsep minimalis yang memiliki dua lantai, anda bisa membuatnya menjadi gaya yang anda inginkan. Beberapa diantaranya adalah gaya tanpa aksen, gaya atap miring atau asimetris maupun gaya kasual yang mengusung bentuk dasar rumah seperti kotak, menambahkan aksen kayu atau membuatnya seperti rumah panggung. Beberapa gaya tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Gaya rumah minimalis 2 lantai tanpa aksen

Gaya rumah minimalis yang sedang tren belakangan ini apalagi untuk para kaum millennial nampaknya mengusung konsep dasar minimalis adalah hal yang pokok. Hal ini bisa diterapkan jika memang anda adalah penganut gaya minimalis garis keras dan tidak suka dengan hal yang terlalu mencolok, terlalu banyak tambahan dan juga terlalu aneh-aneh.

Jika anda adalah orang yang seperti itu dan sangat mencintai konsep dasar minimalis, anda bisa menerapkan gaya minimalis tanpa aksen. Struktur dari bentuk kotak yang merupakan bentuk dasar dari bangunan minimalis sudah bisa anda gunakan tanpa menambahkan aksen lainnya.

Anda bisa membangun rumah minimalis dua lantai tersebut dengan bentuk dasar bangunan yang sebetulnya sudah terlihat menawan karena menonjolkan sisi futuristik dan juga memberikan tampilan yang mewah.

  1. Gaya rumah minimalis dua lantai dengan atap miring atau asimetris

Siapa bilang jika rumah dengan gaya minimalis tidak bisa dikreasikan? Meski mengusung tema minimalis pada hunian anda, nyatanya rumah yang bergaya minimalis tersebut tidaklah selalu memiliki bentuk kotak yang presisi antara sudut satu dengan sudut yang lainnya.

Anda juga bisa mengreasikan bentuknya menjadi bentuk asimetris. Sementara itu untuk gaya rumah minimalis yang memiliki dua lantai anda bisa membuat bagian atapnya terlihat miring atau asimetris. Bentuk ini tidak akan membuat lahan menjadi miring atau membuat bangunan menjadi tidak lurus.

Bagian rumah yang akan dibuat miring atau asimetris hanya pada bagian atapnya saja yang akan memberikan kesan lebih artsy atau memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Membuat bagian atap menjadi berbentuk miring atau asimetris juga akan membuat tampilan rumah terlihat lebih luwes dan tidak kaku.

  1. Rumah minimalis 2 lantai yang mengutamakan privasi penghuni

Gaya-gaya arsitektur hunian atau bangunan minimalis juga bisa dikreasikan menjadi bentuk bangunan yang mengutamakan privasi untuk penghuninya. Meski dirancang dengan tingkat kenyamanan tinggi untuk menjaga privasi anda, akan tetapi bukan berarti rumah gaya minimalis ini sangat tertutup dan gelap.

Seperti rumah minimalis pada dasarnya, hunian ini tetaplah memiliki sirkulasi udara yang bagus karena memang dirancang demikian dengan nuansa terbuka dan juga pastinya ramah lingkungan. Rumah gaya minimalis dengan konsep mengusung privasi ini bisa dibuat menggunakan bentuk dasar rumah gaya minimalis yaitu bentuk kotak.

  1. Rumah minimalis 2 lantai yang memadukan elemen kayu dan logam

Siapa bilang jika rumah dengan gaya minimalis tidak bisa dipadukan dengan elemen dari kayu dan atau logam? Nyatanya memadukan gaya minimalis dengan elemen yang terbuat dari kayu dan juga logam bisa membuatnya terlihat semakin mewah dan artsy.

Penggabungan elemen tambahan dari kayu dan logam ini akan membuat rumah minimalis anda terlihat tidak monoton. Anda bisa memberikan aksen kayu pada bagian tembok atau untuk penggunaan interiornya. Sementara itu untuk aksen logam, anda bisa menggunakannya sebagai bingkai jendela ataupun untuk railing pada bagian balkon.

Penggabungan elemen kayu dan juga logam ini juga bisa anda gunakan sebagai bagian dari berbagai pajangan atau hiasan di dalam rumah. Aksen kayu dan logam ini juga bisa membuat hunian anda memiliki gaya yang berbeda dari yang lain.

  1. Rumah minimalis 2 lantai dengan desain pemaksimalan cahaya luar ruang

Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari atau cahaya dari luar ruang yang masuk ke dalam rumah. Memiliki rumah dua lantai selain lebih tinggi juga akan mendapatkan cahaya matahari dengan lebih mudah dan lebih banyak karena bangunannya lebih tinggi daripada tanah.

Dengan berbagai keuntungan ini, anda bisa membuat bangunan pada lantai atas dengan kaca jendela yang lebih besar.

Di atas adalah beberapa rekomendasi gaya arsitektur untuk rumah minimalis dua lantai yang bisa anda coba terapkan pada hunian anda. Pilihlah yang sesuai dengan gaya dan juga kebutuhan.

shares