Kelebihan dan Kekurangan Sistem Absensi Sidik Jari

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Absensi Sidik Jari

Menggunakan sebuah sistem pencatat kehadiran karyawan sebuah perusahaan atau instansi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan sistem sidik jari. Penggunaan sistem tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan sistem absensi sidik jari.

  1. Kelebihan

Menghindari Terjadinya Kecurangan

Mesin absensi yang dijalankan secara manual biasanya akan timbul bentuk kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Cara yang biasanya dilakukan oleh karyawan adalah dengan menitipkan abasen baik itu dalam bentuk tanda tanganmaupun kartu absensi pada saat karyawan datng terlambat atau bahkan membolos.

Hal di atas dapat terjadi dikarenakan pihak HRD tidak dapat mengawasai dari karyawannya secara langsung. Apalagi dnegan jumlah karyawan perusahaan dengan jumlah yang sangat banyak. Namun, bila karyawan tersebut melakukan pecatatan data kehadiran dengan sidik jari, maka tidak dapat timbul kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Produktivitas dari Karyawan Meningkat

Perusahaan yang menerapkan mesin absen sidik jari juga dapat digunakan untuk mendisiplinkan karyawan secara tidak langsung. Penggunaan sistem tersebut akan membuat karyawan lebih bijak dalam menghargai waktu yang digunakan untuk bekerja.

Hal tersebut dikarenakan para karyawan akan dituntut untuk selalu datang tepat waktu. Data kehadiran yang dimiliki oleh karyawan akan terekam dalam mesin sidik jari sehingga keterlambatan dapat mempengaruhi penilaian dari karyawan, walaupun keterlambatan tersebut hanyalah satu menit.

Selain itu, karyawan dengan kehadiran di perusahaan tepat waktu, maka akan secara otomatis dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan karyawan akan memiliki banyak waktu yang digunakan untuk bekerja.

Pengelolaan Data Lebih Mudah

Pengelolaan data yang dilakukan oleh perusahaan dengan penerapan mesin absensi sidik jari akan jauh lebih menguntungkan. Penggunaan mesin ini akan dapat memudahkan Anda sebagai HRD untuk dapat mengolah data sidik jari yang telah terkumpul dnegan menggunakan aplikasi tersebut yang telah tersambung dengan komputer.

Dapat Menekan Dana Pengeluaran Fiktif Karyawan

Pembelian sebuah mesin absensi sidik jari bagi beberapa perusahaan dianggap sebagai sebuah pemborosan dikarenakan harganya yang terlalu mahal. Namun, bila perusahaan tersebut menggunakan sistem absensi ini justru dapat menghemat pengeluaran fiktif yang dilakukan oleh karyawan seperti halnya uang lembur amupun bonus.

  1. Kekurangan

Membutuhkan Perawatan yang Rutin

Perawatan yang rutin juga dibutuhkan agara mesin yang digunakan untuk absensi dengan sidik jari tersebut dapat bekerja secara maksimal. Hal tersebut bertujuan untuk dapat menajga agar bagian dari scanner bisa berfungsi secara baik dan juga untuk emnghidari terjadinya penuunan dari kinerja sistem scanner tersebut.

Hal di atas dilakukan dengan maksud agar scanner yang digunakan untuk mendeteksi sidik jari tetap dalam keadaan bersih. Bagi Anda yang ingin membersihkan bagian tersebut haruslah dilakukan dengan cara tertentu dan tidak boleh sembarang.

Sering Terjadi Kesalahan dalam Proses Identifikasi

Alat ini selain harus membutuhkan perawatan yang rutin, juga memiliki kelemahan lain yakni seringnya terjadi kesalahan pada saat pemindaian sidik jari. Masalah tersebut dapat sering muncul dikarenakan mesin yang digunakan tidak dapat mendeteksi sidik jari dikarenakan kondisi dari scanner kotor atau terdapat banyak bekas sidik jari yang menempel.

Selain itu, permasalahan tersebut juga dapat diakibatkan bagian scanner yang terpapar oleh cahaya secara langsung atau bahka basah dikarenakan sering mengenai keringat. Maka dari itu, kinerja yang akan dihasilkan akan semakin menurun sehingga proses absensi juga sangat sulit untuk berhasil.

Demikian kelebihan dan kelemaha dari penggunan sistem absensi dengan menggunakan sidik jari. Penggunaan sistem tersebut dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan, namun juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya. Semoga bermanfaat.

shares