Ketahui Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Rumahmu sebelum Membelinya Secara Online

Ketahui Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Rumahmu sebelum Membelinya Secara Online

Untuk mempercantik tampilan ruangan sekaligus memaksimalkan fungsi, pemilik rumah biasanya akan membeli beberapa furniture pelengkap, antara lain adalah sofa. Akan tetapi, membeli sofa sebenarnya perkara gampang-gampang sulit. Kendala tersebut kadang mencakup material sofa tersebut, kecocokannya dengan ruangan, dan harganya. Oleh sebab itu, sebelum kamu benar-benar menentukan pilihan ingin membeli sofa yang mana, sebaiknya ketahui dulu tips membeli sofa. Terlebih jika kamu membelinya di toko furnitur online, tentu lebih harus berhati-hati.

Tips Memilih Sofa sebelum Membelinya

  • Pastikan Besar dan Jenis Sofa Cocok dengan Ruang Penempatannya

Sebelum kamu benar-benar ke tukang sofa, sebaiknya tentukan dulu fungsi sofa tersebut untuk apa. Apakah untuk dipasang di ruang tamu, ruang keluarga, atau yang lainnya. Perbedaan tujuan akan membuat kamu tahu sebaiknya membeli sofa yang berbentuk seperti apa. Misalnya, sofa tamu cenderung lebih tampak formal dengan bentuk standar. Berbeda dengan sofa di ruang santai yang bisa menggunakan model paling eksentrik sekalipun.

Selain itu, besar sofa juga diukur supaya muat di dalam ruangan yang dipakai. Misalnya, ruangan tersebut berukuran kecil, ada baiknya membeli sofa minimalis yang tidak banyak memakan tempat.

  • Memilih Kerangka Sofa yang Murah tapi Tidak Murahan

Ada harga, ada barang. Sofa yang berkualitas sangat baik biasanya harganya memang mahal, tetapi bukan berarti sofa yang terjangkau pun kualitasnya buruk. Hal tersebut tinggal pintar-pintar kamu memilih sofa. Untuk mengetahuinya, sebaiknya cek kerangkanya terlebih dulu. Meskipun sofa tampak seperti dibuat dari barang yang lembut, mereka tetap membutuhkan kerangka supaya awet.

Kerangka sofa ada yang dibuat dari kayu solid tapi ada pula yang dari MDF alias Medium Density Fibreboard. Apabila ingin awet, sofa dengan kerangka kayu solid akan lebih disarankan meskipun harganya terbilang mahal. Apalagi jika kayu yang dipakai adalah kayu jati. Untuk itu, memilih kerangka dari MDF akan lebih disarankan karena kualitasnya cukup bagus meskipun sangat murah.

  • Garansi Sofa

Apabila kamu membeli sofa dengan harga selangit, pastikan bahwa sofa tersebut bergaransi. Sehingga ketika ada kerusakan dan lain sebagainya, kamu bisa meminta perbaikan secara gratis. Atau, mintalah nomer telfon atau alamat reparasi resmi dari sofa tersebut. Hal ini akan berguna jika sewaktu-waktu kamu ingin mengganti bantalan sofa dan lain sebagainya.

  • Motif dan Warna Sofa

Selain ukuran dan bentuk, sofa biasanya disediakan dengan berbagai warna dan motif. Apabila ruangan kamu terasa luas dan lapang, tidak ada salahnya membeli sofa dengan motif yang sedikit rumit. Hal tersebut akan membuat ruangan tidak tampak kosong. Namun, jika ruangan kamu cukup kecil, sebaiknya membeli sofa tanpa motif. Atau, kamu juga bisa menambahkan sofa sudut pada ruangan-ruangan yang terasa terlalu lengang. Begitu pula dengan warna sofa, sesuaikan warna sofa dengan tembok dan perabot sekitar supaya membentuk keharmonisan ruangan.

  • Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Bagian penting dalam membeli perabotan rumah adalah memperhitungkan budget yang ada di kantung. Ada baiknya membeli sofa sesuai dengan budget yang tersedia. Hindari pembelian secara kredit karena akan berujung pada hutang yang melilit. Misalnya pun ingin membeli kredit, usahakan kamu sudah memiliki jaminan untuk bisa membayarnya.

Perlu diperhatikan juga, apabila kamu ingin membeli sofa dari toko-toko online, sebaiknya kunjungi toko yang terpercaya dan sudah pasti menjual barang berkualitas. Jika ragu, datang langsung ke toko furnitur akan lebih disarankan.

shares