Langkah Parenting Agar Anak Disiplin Sejak Dini

Langkah Parenting Agar Anak Disiplin Sejak Dini

Mendidik anak sejak kecil merupakan tugas yang tidak mudah sebagai orang tua. Anak usia dini yang masih senang bermain membuat Anda harus bekerja ekstra keras dalam mendidik anak apalagi untuk menerapkan disiplin. Berikut langkah parenting yang bisa Anda lakukan agar buah hati Anda bisa disiplin sejak dini.

Konsisten

Menurut seorang spesialis perkembangan anak, sejak umur 2 hingga 3 tahun anak-anak sedang bekerja keras untuk memahami bagaimana perilaku mereka memberikan pengaruh kepada orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu Anda harus menerpkan pola asuh dengan rutin dan konsisten agar anak merasa aman dan terlindungi.

Ketika Anda memberikan pola asuh yang konsisten, anak akan bersikap lebih tenang ketika diberikan perintah oleh Anda. Misalnya anak Anda tidak menghabiskan makanannya, maka Anda harus memintanya untuk menghabiskannya. Ketika anak melakukan hal yang sama untuk kedua dan ketiga kalinya Anda harus konsisten untuk memintanya untuk menghabiskannya.

Lakukan secara berulang kali sehingga buah hati Anda mengerti dengan perintah dan larangan yang Anda berikan. Anak akan dengan sendirinya menyerap perintah dan belajar untuk tidak melakukan hal yang sama setelah keempat atau kelima kalinya kejadian yang sama berulang.

Ketahui Pemicu Tantrum pada Anak

Tantrum sebenarnya meruapak hal yang wajar terjadi pada setiap anak. Namun sebagai orang tua, Anda harus mengetahui betul apa dan kenapa yang membuat anak menajdi tantrum dan rewel. Anak akan cenderung marah dan emosi ketika ia merasa lapar dan mengantuk. Hindari waktu-waktu tersebut untuk mengajarkan disiplin pada anak.

Jika Anda ingin membuat anak belajar disiplin dengan waktu tidur, pastikan Anda dan si kecil berada di rumah pada jam-jam tidur siang dan malam. Jangan membawa anak Anda ke mall atau tempat lainnya saat si kecil mengantuk.

Anda perlu mengajak anak untuk bekerja sama. Pastikan anak dalam suasana hati yang baik agar belajar disiplin bisa berhasil. Ajak anak untuk bermain sambil belajar bertanggung jawab dengan apa yang ia lakukan, misalnya memberikan pengertian bahwa si kecil wajib merapikan mainan kembali mainannya ke dalam kotak mainan yang Anda sediakan.

Jangan Ragu untuk Memberikan Hukuman pada Anak

Mungkin sebagian orang tua ada yang tidak tega untuk memberikan hukuman kepada buah hatinya. Memberikan hukuman juga diperlukan untuk menunjukkan sikap tegas pada buah hati Anda. namun, ingat Anda harus memberikan hukuman sesuai dengan kemampuan si kecil. jangan sampai hukuman yang diberikan terlalu memberatkan anak.

Pemberian hukuman dilakukan adalah langkah parenting untuk membuat anak belajar disiplin. Misalnya, anak Anda melemparkan makanannya, bawalah si kecil ke kamarnya dan mintalah untuk duduk diam dan memikirkan apa yang telah anak lakukan. Ketika anak sudah tenang baru berikan pemahaman bahwa apa yang telah ia lakukan salah dan berikan juga alasannya.

Itulah langkah parenting yang bisa Anda lakukan untuk menanamkan sikap disiplin kepada anak sejak dini. Kunjungi situs resmi Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan berbagai tips lainnya.

shares